Senin, 09 Juli 2018

Makanan untuk Tingkatkan Kualitas Sperma Pria

 Makanan untuk Tingkatkan Kualitas Sperma Pria

Ingin memiliki kualitas sperma yang lebih baik? Ini makanan yang wajib Anda konsumsi secara rutin dan teratur.
Sebagian besar pria di dunia pasti ingin memiliki kualitas spermayang baik. Ini karena kualitas sperma turut ambil peran pada tingkat keberhasilan seseorang untuk memiliki momongan.
Berbicara tentang kualitas sperma yang baik, dr. Ayutika Saraswati Adisasmito mengatakan bahwa hal itu ditentukan oleh jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma itu sendiri.
  • Jumlah. Seorang pria dianggap memiliki kualitas seprma yang baik bila berjumlah setidaknya 15 juta/mL per kali ejakulasi.
  • Pergerakan. Sperma yang berkualitas mampu “berenang” dengan baik di saluran reproduksi wanita (motilitas). Setidaknya, 40% jumlah sperma harus mampu bergerak dengan gerakan yang cepat dan lurus.
  • Bentuk. Sperma yang berkualitas baik memiliki bentuk kepala lonjong dan ekor yang panjang.
Makanan untuk tingkatkan kualitas sperma
Melansir BBC, para peneliti menemukan bahwa diet yang sehat dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pria. Diketahui bahwa pria yang mengonsumsi sekitar dua genggam campuran kacang kenari, almond, dan hazelnut setiap hari selama 14 minggu memiliki jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma yang lebih baik.
Peneliti mengaku, ketiga jenis kacang-kacangan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin B yang baik sehingga mampu meningkatkan kualitas sperma secara signifikan.
1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Tidak suka kacang? Tak masalah. Menurut penjelasan dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, beberapa makanan berikut juga bisa membantu meningkatkan kualitas sperma pria:
1. Bayam
Bayam merupakan keluarga sayuran hijau yang mengandung sejumlah asam folat. Berdasarkan pemaparan dr. Fiona, dengan kadar asam folat yang cukup, bentuk sperma bisa menjadi lebih baik, sehingga kualitasnya juga meningkat.
2. Telur
Si lonjong berkulit cokelat ini memilik ikandungan vitamin E dan protein, yang dapat melindungi sperma dari dampak buruk radikal bebas. “Telur juga mengandung sejumlah zat gizi lain yang berperan dalam menghasilkan sperma yang kuat, sehat, dan memiliki pergerakan yang baik,” ungkap dr. Fiona.
3. Pisang
Enzim bromelin adalah senyawa antiradang yang ada pada pisang. Senyawa ini merupakan antiradang alami, yang mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, dan C pada pisang juga akan membantu testis menghasilkan sperma yang sehat.
4. Semangka
Semangka mengandung antioksidan yang disebut dengan likopen. Senyawa ini terbukti mampu menangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh, termasuk pada sperma. “Makan satu potong semangka per hari dapat meningkatkan jumlah sperma yang sehat hingga 37,5%,” kata dr. Fiona.
5. Bawang putih
Bawang putih mengandung vitamin B dan selenium. Rempah yang sering diolah bersama bahan makanan memiliki kemampuan untuk mengembalikan fungsi pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke testis menjadi lebih lancar. Alhasil, sperma yang dihasilkan juga lebih baik dan berkualitas.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Labels