Senin, 09 Juli 2018

5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Rambut Anak


5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Rambut Anak

Tak sulit menjaga kesehatan rambut si Kecil. Dengan bahan alami berikut, rambut anak akan tumbuh lebat dan sehat.
Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar manusia memiliki 100.000 helai rambut di kepala. Setiap helai rambut manusia, termasuk pada anak-anak, terdiri dari tiga lapisan dan dilindungi oleh kutikula. Bila lapisan kutikula utuh dan sehat, rambut akan tampak berkilau. Itulah sebabnya, salah satu pertanda rambut sehat adalah rambut yang berkilau.  
Kondisi rambut sehat tersebut adalah dambaan banyak orang, termasuk dambaan para orang tua untuk si Kecil. Anda juga meningingkan rambut si Kecil yang tumbuh lebat dan sehat, bukan?
Tenang, tidak perlu repot. Bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda bisa mendatangkan manfaat yang sangat banyak untuk rambut si Kecil. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dimaksud:
  1. Minyak kelapa
Manfaat minyak kelapa untuk melembapkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Ya, minyak ini dapat melembapkan kulit dan juga rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mencegah kerusakan rambut bila digunakan sebelum mencuci rambut.
  1. Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan bahan alami yang baik untuk melembapkan kulit dan rambut. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu melembutkan dan membuat rambut lebih berkilau.
  1. Seledri
Seledri rupanya bermanfaat untuk kesehatan rambut. Sebuah penelitian di Bandung terhadap sekelompok kelinci membuktikan bahwa penggunaan ekstrak seledri dapat mempercepat pertumbuhan bulu kelinci. Meski masih memerlukan lebih banyak penelitian lagi, tetapi seledri memang telah diketahui memiliki efek positif terhadap rambut.
Seledri dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan serta kerusakan rambut. Penggunaan seledri secara rutin dapat membantu si Kecil mendapatkan rambut yang lebat.
  1. Kemiri
Khasiat kemiri untuk rambut tidak perlu diragukan lagi. Sejak lama, orang tua zaman dahulu sering mengaplikasikan ekstrak kemiri pada rambut bayi dan anak karena dipercaya dapat melebatkan rambut.
Faktanya, minyak yang berasal dari kemiri memang dapat membantu pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih hitam, lebat, dan sehat. Selain itu, minyak kemiri juga membuat rambut kuat dan tidak mudah rontok.
  1. Aloe vera
Aloe vera diketahui dapat menguatkan folikel rambut, sehingga mencegah kerontokan. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam aloe vera dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut kerusakan akibat polusi maupun sinar matahari. Aloe vera juga diklaim dapat memperlancar aliran darah, sehingga kulit kepala lebih sehat.
Bahan-bahan alami tersebut dapat Anda oleskan secara langsung di kulit kepala si Kecil. Namun, bila ingin yang lebih praktis, Anda dapat memilih produk sampo atau perawatan rambut yang memiliki kandungan serupa.
Perhatikan Ini!
Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat merawat rambut si Kecil adalah:
  • Keramas setidaknya tiga kali seminggu. Mencuci rambut si Kecil terlalu sering akan menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi lebih kering. Sementara, jarang keramas akan menyebabkan penumpukan kotoran dan minyak, sehingga rambut menjadi mudah rusak.
  • Gunakan sisir yang sesuai. Hindari menggunakan sisir yang sangat rapat, karena akan menimbulkan kerontokan. Gunakan sisir yang renggang dan lembut.
  • Mulai dari ujung rambut. Saat menyisir rambut si Kecil, mulailah dari ujungnya yang lebih sering kusut. Selanjutnya, beralihlah ke pangkal rambut di dekat kulit kepala.
Merawat rambut anak tidaklah serumit yang dibayangkan. Dengan menggunakan bahan alami di atas dan beberapa kiat perawatan rambut, si Kecil akan memiliki rambut yang sehat, lebat dan berkilau.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Labels